Reporter: Tim Pusdeka

Selasa (26/03) panitia Kegiatan Ramadhan di Kampus UNU Yogyakarta (Kamandanu) menyelenggarakan acara diskusi dengan tema “Mempersiapkan Pernikahan Menuju Keluarga Maslahah.” Acara yang berlangsung di ruang Pre-Function Hall lantai 5 ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada para kawula muda di lingkungan kampus UNU Yogyakarta agar lebih siap ketika menjalani pernikahan. Yang menjadi narasumber dalam kegiatan ini adalah Rindang Farihah (Direktur Pusdeka) dan Wiwin SA Rohmawati (Direktur Center for GEDSI).

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Ahmad Hujaj Nurrohim selaku ketua panitia Kamandanu 1445 H. Disamping memberikan apresiasi, Ia juga mengatakan bahwa acara ini sangat penting diselenggarakan karena akan membuat para peserta yang hadir memiliki bekal dalam menikah.

Sebelum masuk dalam sesi penyampaian materi, para peserta diajak untuk berbagi soal motivasi, alasan, dan harapan mengikuti kegiatan ini. Ternyata mereka sangat antusias ikut kegiatan ini karena ingin mengetahui apa yang harus dipersiapkan dalam menikah. Pernikahan adalah ibadah seumur hidup sepasang insan manusia.

Wiwin mengisi sesi awal dengan materi memahami diri. Ia mengajak para peserta untuk berpartisipasi secara aktif selama acara diskusi. Mereka kemudian diminta untuk menuliskan jawaban di kertas soal tantangan keluarga saat ini dan apa akibat jika perkawinan tidak dipersiapkan. Kertas jawaban lalu ditempel di tempat yang telah disediakan untuk dibahas bersama-sama.

Rindang Farihah mengisi sesi selanjutnya dengan memberi materi soal hierarki nilai. Ia mengatakan bahwa setiap orang memiliki hierarki nilai yang berbeda-beda. Hal ini merupakan buah dari proses pendidikan dan pengalaman personal yang telah dilalui. Namun, rindang menekankan, dalam mempersiapkan pernikahan seseorang harus memiliki nilai-nilai yang menjadi pedoman. Artinya menikah perlu prinsip hidup yang jelas.