Redaktur: Tim Pusdeka

Masa-masa di mana penduduk produktif lebih banyak nyatanya kerap disalahartikan dengan lebih banyaknya usia muda. Padahal kajian tentang bonus demografi sangat kompleks. Usia produktif dihitung mulai usia 15 hingga usia 64 tahun atau jelang pensiun. Artinya, ada gradasi cukup unik dalam mengkaji jumlah penduduk yang berada di ambang batas produktif tersebut.

Di tengah hingar bingar bonus demografi, data menyebutkan bahwa pada 2030 nanti, 1 dari 6 penduduk bumi akan berusia 60 tahun. Akan ada lebih dari satu milyar lansia yang menjadi bagian dari masyarakat dunia. Njuk, ada apa dengan lansia?

Penuaan penduduk ini agaknya belum terlalu menjadi isu di tengah masyarakat. Padahal ada banyak isu yang digendong, mulai ekonomi hingga mental. Di sektor ekonomi, saat ini usia lansia sangat rentan akibat belum mapannya sistem jaminan hari tua, terutama di sektor informal. Jebul, jumlah pekerja informal ini jauh lebih banyak dibanding yang formal.

Lansia juga kerap dihantui dengan kesepian. Bahkan kesepian ini disebut sebagai endemi yang sangat mematikan. Lalu bagaimana kita mesti menyikapinya? Kami hadirkan edisi ageing population untuk memantik diskusi dan langkah konkret itu.