Kekerasan seksual di kampus masih marak terjadi. Sayangnya, banyak kasus yang tidak diselesaikan dengan alasan nama baik kampus. Selain itu korban mendapat berbagai tantangan, salah satunya tidak adanya dukungan dari lingkungan dan orang-orang terdekatnya. Korban juga kerap mendapat stigma buruk dari masyarakat.

Untuk mengikis hal tersebut, Klinik K2+ Pusat Studi Kependudukan dan Kesejahteraan Keluarga (Pusdeka) mengadakan nonton bareng dan bedah film berjudul “Asa”. Agenda tersebut dilaksanakan pada Sabtu, 20 Mei 2023 di Pendopo Limasan UNU Yogyakarta. Acara dihadiri oleh 40 mahasiswa dari berbagai program studi.

Acara diawali dengan menonton bersama film “Asa”. Film pendek berdurasi 21 menit ini diproduksi Rifka Annisa bekerja sama dengan Onomastika Films dan Rutgers WPF. Secara resmi, film ditayangkan perdana pada 17 Juli 2020 melalui platform Youtube. Setelahnya, dilanjutkan pemaparan tentang film oleh Budi Wulandari seorang psikolog yang aktif di Rifka Annisa dan Hanif Muslih, mahasiswa UNU Yogyakarta.

“Mempertemukan perspektif antara praktisi dengan mahasiswa Ini menjadi penting sebagai ruang konsolidasi pengetahuan sekaliagus peningkatan kapasitas mahasiswa untuk merespons situasi yang ada di sekitar,” ujar Firda Ainun, Manajer Klinik K2+. Ia menambahi agenda ini untuk melatih empati mahasiswa terhadap sesama teman untuk menjadi pendengar yang baik, bagaimana seharushya bersikap ketika melihat teman berada dalam situasi yang sulit dan rumit, khususnya ketika mengalami kekerasan seksual.

“Kami berkomitmen untuk turut berjuang menghapus segala bentuk kekerasan seksual, khususnya di lingkungan kampus UNU,” tegasnya. Ia sekaligus berkomitmen bahwa Klinik K2+ siap menjadi ruang mahasiswa yang sedang membutuhkan teman bicara. Baginya, klinik bukan hanya untuk orang sakit, namun siapa saja bisa mengaksesnya.

Agenda tersebut sekaligus digunakan untuk mengenalkan Klinik K2+ yang sudah diluncurkan sejak awal 2023, namun masih sedikit mahasiswa yang mengetahui keberadaan klinik ini. Ke depan diharapkan mahasiswa bisa mengambil manfaat klinik yang memang difungsikan sebagai ruang aman bagi siapa saja. You share, we care!