Artikel

Adalah rubrik yang memuat tulisan ilmiah-populer yang merefleksikan isu-isu kontemporer terkait kependudukan dan keluarga

Tulisan ini berupaya untuk menjelaskan fenomena penuaan penduduk di Indonesia. Fokus analisa akan diarahkan pada tiga persoalan yaitu pilihan strategi kebijakan, fungsi jaminan sosial, serta peran pemerintah daerah dan komunitas masyarakat.
Di negeri kita ini, minyak kelapa sawit telah menjadi komoditas unggulan pasar global. Ekspor minyak kepala sawit menghasilkan devisa negara yang mencapai ratusan triliun tiap tahunnya. Namun industri sawit di Indonesia masih jauh dari kata inklusif.
Apa sih yang dimaksud disabilitas? Mengapa disabilitas psikososial/mental itu penting untuk dibahas? Jika kalian pernah memendam pertanyaan seperti itu maka tulisan ini mungkin bisa memberikan jawabannya
Artikel ini menyoroti dinamika industri kelapa sawit di era neo-liberal. Penulis berargumen bahwa praktik ekspansi perkebunan kelapa sawit yang dimulai sejak awal era 2000an hanya fokus untuk menghasilkan profit dari pengolahan lahan.
Data Kementerian kesehatan menyebutkan bahwa kasus bunuh diri setiap tahun mengalami peningkatan. Jika ditelusuri rupanya kasus-kasus bunuh diri telah mengalami tren perubahan. Kalau dulu bunuh diri terjadi pada usia dewasa, sekarang bunuh diri lebih sering dilakukan oleh anak-anak muda.
Tulisan ini akan membahas tentang generasi muda Indonesia di abad 21. Ada dua fenomena penting yang menjadi sorotan yaitu kepanikan moral yang terjadi akibat memudarnya norma tradisi dan agama serta kerapuhan mental yang muncul bersamaan dengan revolusi teknologi dan komunikasi.
[/colibri_layout_wrapper]